Rangkuman dan Langkah - langkah tugas terakhir ( About Me )


Pengertian Macromedia Flash 8 

Macromedia flash professional 8 adalah sebuah program grafis animasi standar professional  untuk menghasilkan produk -produk Multimedia seperti Courseware, Multimedia Presentation, Website, Computer Game, dan Animation

Beberapa jenis file  jenis yang dapat  dihasilkan dengan type publish sebagai berikut

1. Flash
2. Format Image seperti, GIF, JPG, dan PNG
3. Quick Time
4. File EXE
6. File HQX 

Elemen dasar Macromedia Flash 8

Menu - berisi kontrol untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file, dan lain-lain.
Toolbox - berisis koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasikan isi stage dan timeline. Toolbox dibagi (lagi) menjadi empat bagian, yaitu Tools, View, Colors, dan Options. Bebebrapa tool mempunyai bagian option. Contohnya ketika Arrow tool dipilih, options snap, smouth, straighten, rotate, dan scale akan muncul.
Timeline - tempat membuat dan mengontrol objek dan animasi.
Stage - area persegi empat yang merupakan tempat membuat objek atau animasi yang akan dimainkan.
Property - berisi informasi yang digunakan untuk menentukan ciri-ciri sesuatu atau movie yang akan kita hasilkan.
Panels - berisi kontrol fungsi yang dipakai untuk mengganti dan memodifikasi berbagai properti objek atau animasi secara cepat dan mudah 

Tool Box




















About me

Nama saya Delima.
Saya akan berusaha 17 tahun pada April 2023 besok.
Saya bersekolah di SMKN 2 TEBO. Saya suka kesekolah
walaupun terkadang saya juga merasa malas untuk 
berangkat ke sekolah. 
Saya berada di kelas XI MULTIMEDIA 1 dan Pak
Heri Supianto adalah wali kelas saya.
Mata pelajaran kesukaan saya untuk saat ini tidak ada, 
tapi dulu  saya sangat menyukai mata pelajaran 
Bahasa Inggris, sedangkan mata pelajaran yang tidak 
saya sukai adalah Olahraga ( Penjaskes )

Dulu ketika saya ingin mendaftar ke sekolah ini hanya karena 
ekstrakurikuler Marching Band nya, tapi sekarang saya juga 
mengikuti ekskul PRAMUKA, PIK-R bahkan saya juga menjadi
bagian dari anggota OSIS.

Di waktu luang saya membantu ibu saya, kalau sudah selesai 
saya hanya akan menonton film terkadang juga anime 
dan lainnya, juga saya membaca komik


Langkah - langkah





1.     Masuk ke aplikasi Macromedia Flash-8 

2.     Buka dokumen baru / tugas baru 

3.     Beri background sesuai selera masing-masing pada keyframe 1

4.     Lalu masukan mentahan button serta beri teks pada masing-masing button


5.     Klik kanan pada keyframe 1 lalu klik actions
6.     Ketik action stop( ) pada kolom actions
7.     Klik button + shift + teks pengertian, klik kanan lalu convert to symbol 
8.     Pada Keyframe "Over" dan "Down" klik kanan klik Insert Keyframe
9.     Pada bagian Over beri sound yang anda punya, lalu kembali
10.   Klik kanan pada button pengertian, klik actions 
11.   Ketik on(release){gotoAndPlay(2)}


8.     Tambahkan layer 
9.     Isi dengan background yang berbeda
10.   Pada keyframe beri actions stop( )
10.   Ketik pengertian tentang Macromedia Flash8
11.   Masukkan button serta teks "home"
12.   Klik button + shift lalu klik teks "home", klik kanan lalu convert to symbol




13.   Klik 2 kali pada button
14.   Pada Keyframe "Over" dan "Down" klik kanan klik Insert Keyframe
15.   Pada bagian Over beri sound yang anda punya, lalu kembali
16.   Klik kanan pada home klik action 
17.   Beri action on(release){gotoAndPlay(1)}    ( Angka yang ditunjukkan merupakan angka frame )
18.   Klik kanan pada button Publish, klik actions 
19.   Ketik on(release){gotoAndPlay(2)}
19.   Tambahkan layer 
20.   Pada keyframe beri actions stop( )
21.   Isi dengan background yang berbeda
22.   Ketik tentang Jenis file di Macromedia Flash8




22.   Masukkan button serta teks "home"
23.   Klik button + shift lalu klik teks "home", klik kanan lalu convert to symbol
24.   Klik 2 kali pada button
25.   Pada Keyframe "Over" dan "Down" klik kanan klik Insert Keyframe
26.   Pada bagian Over beri sound yang anda punya, lalu kembali
27.   Klik kanan pada home klik action 
28.   Beri action on(release){gotoAndPlay(1)}     ( Angka yang ditunjukkan merupakan angka frame )
29.   Lakukan hal yang sama pada keyframe selanjutnya 

Komentar